Selasa, 02 November 2010

Sistem Informasi Akuntansi 3

TUGAS I…

Kelebihan yang kita dapat dari kasus pertama seorang akuntan sudah melakukan wewenangnya berdasarkan jobdesk nya yaitu mengerjakan pekerjaan yang berhubungan dengan laporan keuangan dan laporan manajerial perusahaan tersebut. Karena memnag sudah tugasnya seorang akuntan melakukan hal tersebut.

Kelemahan disini menurut saya tidak ada karena disitu tadi seorang akuntan sudah melakukan pekerjaannya sesuai dengan wewenangnya. Adapun mungkin disini seorang akuntan tidak dapat fleksibel karena hanya berkutat pada keuangan saja.

Pada dasarnya seorang akuntan dapat diukur kinerjanya melalui ketelitian dan ketepatannya dalam mengelola keuangan di perusahaan tersebut. tetapi dalam hal laporan seorang akuntan hanya dimungkinkan untuk melampirkan data keuangan perusahaan saja yang sekiranya dibutuhkan dalam laporan tersebut.


TUGAS II …

Bisnis kecil merupakan usaha non formal yang biasanya anggota dan cara pengelolaannya bersifat kekeluargaan. Sekiranya yang cocok untuk digunakan disini adalah Pengendalian untuk pencegahan (preventive control). Yang pada intinya setiap usaha pasti tidak ingin merugi maka untuk menghindari kerugian tersebut kita gunakan pencegahan tentunya pencegahan yang dilakukan harus berdasarkan etika dalam berusaha tidak merugikan pihak manapun baik konsumen maupun pelaku usaha lainnya.

TUGAS III

Yang pertama dalam hal pemisahan tugas dapat kita ambil contoh. Misal didalam suatu perusahaan yang kurang profesional dalam mengolah kinerja karyawannya. Contoh seperti seorang security biasanya didalam perusahaan yang kurang professional seorang security dapat memiliki pekerjaan ganda (serabutan) yang semula hanya bertugas menjaga keamanan di lingkungan perusahaan tetapi bisa berfungsi sebagai layaknya ob (office boy) yang bisa disuruh oleh karyawan lainnya guna memenuhi kebutuhan karyawan tersebut. semestinya seorang security harus tetap stand by ditempatnya dan tidak serabutan dalam bekerja.

Yang kedua dalam hal prosedur perlindungan data. Hal ini jelas wajib dilakukan karena apabila tidak dilakukan oleh perusahaan. Perusahaan tersebut dapat mengalami kerugian seperti penyalahgunaan data oleh orang-orang yang tidak punya wewenang.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar