Rabu, 24 Februari 2010

Gunung Berapi Terbesar Ternyata Berada Dekat Dengan Indonesia

Java Plateau


Hanya mau share aja . . Iseng-Iseng cari di mbah Google ane nemu info
Ternyata gunung berapi sebesar propinsi (LIP) berada tidak jauh dari Indonesia.
Coba kita bandingkan kekuatan letusannya dengan gunung-gunung di indonesia . .
Gunung Krakatau



Krakatau yang menyebabkan sebagian bumi tertutup awan panas selama sebulan dan kekuatan ledakan sekitar 200 megaton bahan peledak . . .
lain lagi dengan

Gunung Tambora


Gunung tambora yang merupakan ledakan yang paling mematikan dalam sejarah umat manusia ledakana tersebut menewaskan antara 70.000 dan 90.000 orang dan awan debu begitu besar dan menyebabkan kegagalan musim panas di daerah amerika dan eropa . . . dan disebut sebagai “Year Without Summer”.

Dan yang Terseram . . .

Danau Toba

Diperkirakan Danau Toba terjadi saat ledakan sekitar 73.000-75.000 tahun yang lalu dan merupakan letusan supervolcano (gunung berapi super) yang paling baru. Bill Rose dan Craig Chesner dari Michigan Technological University memperkirakan bahwa bahan-bahan vulkanik yang dimuntahkan gunung itu sebanyak 2.800 km³, dengan 800 km³ batuan ignimbrit dan 2.000 km³ abu vulkanik yang diperkirakan tertiup angin ke barat selama 2 minggu. Debu vulkanik yang ditiup angin telah menyebar ke separuh bumi, dari Cina sampai ke Afrika Selatan. Letusannya terjadi selama 1 minggu dan lontaran debunya mencapai 10 km di atas permukaan laut.

Kejadian ini menyebabkan kematian massal dan pada beberapa spesies juga diikuti kepunahan. Menurut beberapa bukti DNA, letusan ini juga menyusutkan jumlah manusia sampai sekitar 60% dari jumlah populasi manusia bumi saat itu, yaitu sekitar 60 juta manusia. Letusan itu juga ikut menyebabkan terjadinya zaman es, walaupun para ahli masih memperdebatkannya.

Setelah letusan tersebut, terbentuk kaldera yang kemudian terisi oleh air dan menjadi yang sekarang dikenal sebagai Danau Toba. Tekanan ke atas oleh magma yang belum keluar menyebabkan munculnya Pulau Samosir.

nfo Tentang Java Plateau :

Ini adalah gunung berapi terbesar Anda belum pernah dengar. Ketika meletus 125 juta tahun yang lalu(untung saja ), dampaknya meliputi wilayah selatan Samudera Pasifik, juga di beberapa tempat dengan radius 30 kilometer. Letusan itu sendiri diperkirakan berlangsung pada 6 juta tahun lalu dan begitu besar. Para ilmuwan menyebut jenis gunung berapi ini sebagai gunung berapi sebesar provinsi (LIP). Mereka sangat misterius, dan muncul terbentuk ketika jumlah besar magma panas baik dari ribuan mil jauh di dalam
mantel, dekat inti Bumi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar