Kamis, 25 Februari 2010

ngintip pabrik penghasil nuklir pertama....

Sekarang ini kita telah terbiasa mengetahui akan adanya instalasi pembangkit listrik yang menggunakan tenaga nuklir, walaupun terdapat pencegahan2 terhadap hal2 yang tidak diinginkan telah dilakukan ,tetapi sepertinya masih terdapat insiden2 yang melibatkan kecelakaan di instalasi pembangkit listrik ini.
Kapankah pembangkit listrik tenaga nuklir di jaman modern ini pertama kali didirikan?

Tepatnya instalasi pembangkit listrik tenaga nuklir ini didirikan di Rusia atau waktu itu dikenal sebagai Uni Soviet pada saat pembangkit ini dibangun. Instalasi pembangkit listrik tenaga nuklir ini dibangun dengan sangat tergesa-gesa sampai para pekerja yang membangun instalasi pembangkit listrik ini tidak mengetahui sebenarnya apa yang sedang mereka kerjakan.

Kemudian pada tanggal 27 Juni, 1954 stasiun radio disana menarik perhatian dengan amat sangat dari para pemirsanya dengan mengumumkan berita seperti ini : "Di Uni Soviet, terima kasih dihaturkan kepada para gabungan ilmuan dan insinyur yang telah membangun instalasi pembangkit listrik tenaga nuklir dengan kekuatan listrik yang dihasilkan sebesar 5000 kW. Pembangunan pembangkit listrik tenaga nuklir ini telah selesai dibangun dan telah menghasilkan listrik yang digunakan oleh para warga Soviet untuk bidang2 pertanian."

Sekarang mari kita melihat sejenak bagaimana rupa instalasi pembangkit listrik tenaga nuklir pertama itu sekarang ini :

rupa instalasi pembangkit listrik tenaga nuklir..



foto / artikel pada saat dibuka pertama kali yang dipajang di dalam instalasi pembangkit listrik tenaga nuklir...


“The First Nuclear Power Plant”.


Sejarah energi atom terdapat jauh didalam waktu sebelum terjadinya PDII, jauh sebelum Juni 1954 hari ketika sebuah instalasi pembangkit listrik tenaga nuklir mulai bekerja. Mereka menamakan proyek ini sebagai “The Peaceful Atom” dan begitulah asal mula nama reaktor di dalam instalasi ini. Instalasi ini merupakan usaha gabungan dari ribuan ilmuan dan insinyur rusia yang membangunnya dalam waktu yang relatif singkat. Proyek ini dapat diselesaikan hanya dalam waktu tiga tahun dari membuat skema sampai proyek ini benar2 selesai dibangun.

sebelum masuk ke instalasi ini , diwajibkan untuk memakai jubah putih ini..




Pengalaman yang didapat oleh para ilmuan Rusia dari membangun instalasi ini memberikan dorongan yang besar bagi pengembangan proyek teknologi nuklir Soviet. Reactornya dibangung dengan banyak sekali kemungkinan "debugging" / problem solving untuk berbagai tujuan, jadi para ilmuan dapat memiliki banyak materi2 eskperimen yang dapat dilakukan.

gambar eksperimen




Semua surat kabar di Soviet waktu itu juga turut serta dalam menghaturkan selamat atas dibangunnya instalasi ini , termasuk pula media asing

foto surat kabar




Rupa dari ruang kendali utama instalasi ini lebih kecil dibanding dengan instalasi serupa di jaman modern ini



















Sangat disayangkan bahwa semua detail instrumen mekanik disini telah "disentuh" oleh tangan Waktu, dimana semuanya akan menjadi aus dan mulai tidak berfungsi, dan mungkin juga disebabkan oleh kinerja instalasi ini yang sangat2 berat.
Intalasi ini ditujukan untuk dihentikan pada tahun 1984, tetapi pada tahun2 tersebut perubahan besar terjadi Rusia dimana instalasi2 yang sebelumnya dicanangkan untuk dibangun tidak jadi dibangun, dan kebutuhan akan energi listrik murah sangatlah vital di tahun2 tersebut, jadi instalasi ini bekerja hingga 18 tahun lebih dari yang dicanangkan, dan dipensiunkan pada tahun 2002.

instrumen2 di panel2 kendali






Dan sekarang, ruangan dimana reaktor berada, "beristirahat" dengan tenang setelah bekerja keras selama bertahun2 dan memberikan jalan untuk dibuatnya sodara2 instalasi lainnya di seluruh dunia.

gambar di dalam instalasi..









Disinilah tempat dimana kapsul2 inti nuklir biasanya diletakkan

foto cel2 untuk menaruh kapsul




Kapsul2 nuklir dengan Uranium ditransportasikan di dalam tempat dengan crane/mesin pengangkat khusus. Karena tingkat radiasi yang tinggi , crane yang ada memiliki dinding2 yang tebal dan memiliki ketebalan kaca kuarsa 50cm(20 inci) dimana operator dapat secara langsung melihat dan mengontrol jalannya transportasi. Mereka tidak memiliki video kamera saat itu.

ruangan operator






Sekarang ini instalasi nuklir ini tenang dan perlahan dilupakan. Dari waktu ke waktu orang yang beruntung dapat meminta ijin kepada "MinAtom" (departemen Rusia yang menangani semua lokasi "Peaceful Atom") untuk berkunjung ke salah satu lokasi instalasi nuklir ini.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar