Rabu, 24 Februari 2010

Sejarah Komunikasi, Komputer, Teknologi Informasi & Internet

menurut sumbernya 3500 - 2900 SM: Abjad diciptakan oleh orang-orang Funisia, sementara orang-orang Sumeria menciptakan sistem tulis-menulis dengan lambang-lambang (atau gambar-gambar, yang biasa disebut 'piktograf'), yang mereka torehkan pada permukaan lempengan tanah liat yang dikeringkan. Sedangkan orang-orang Mesir menemukan tulisan hieroglif.

1775 SM: Orang-orang Yunani memperkenalkan sistem tulis-menulis dari kiri ke kanan, dengan memakai abjad fonetik (huruf-huruf yang diciptakan berdasarkan bunyi ucapan, dan bukan lambang-lambang yang diciptakan sebagai 'wakil' suatu ide atau benda seperti abjad-abjad sebelumnya).

1400 SM: Orang-orang China mulai menuliskan sejarah mereka secara teratur, di atas kepingan-kepingan tulang binatang.

1270 SM: Ensiklopedi pertama di dunia 'diterbitkan', oleh orang-orang Suriah.

900 SM: Sistem pelayanan pos dan kantor pos pertama di dunia diciptakan oleh orang-orang China.

776 SM: Penggunaan merpati pos dipopulerkan oleh orang-orang Yunani.

530 SM: Perpustakaan pertama di dunia didirikan di Yunani.

500 - 170 SM: Alat tulis pertama di dunia yang mudah dibawa ke mana-mana diciptakan di Mesir, yakni papirus yang menyerupai kertas.

200 - 100 SM: Mesir dan Cina mengembangkan sistem pengiriman pesan berantai, dan dengan demikian memulai sejarah pelayanan jasa kurir.

105 SM: Tsai Lun, orang China, menciptakan kertas.

14 Masehi: Orang-orang Romawi meresmikan sistem pelayanan pos mereka.

37 : Kaisar Tiberius dari Roma adalah orang pertama yang tercatat menggunakan cermin sebagai alat pengiriman kode atau pesan. Cara ini dinamakan 'heliograf'.

100 : Buku-buku pertama di dunia diciptakan (dalam arti bentuknya mirip dengan buku zaman sekarang).

305 : Alat cetak pertama di dunia diciptakan di China, terdiri atas lempengan kayu berukir yang kemudian dipakai untuk menerakan isinya ke atas kertas.

1049: Pi Sheng, orang China, menciptakan alat cetak yang bisa dipindah-pindahkan huruf-hurufnya, dengan memakai lempengan tanah liat bakar.

1450: Koran pertama di dunia mulai beredar di Eropa, tapi belum bisa terbit secara harian.

1455: Johannes Gutenberg, orang Jerman, menciptakan alat cetak yang huruf-hurufnya bisa dipindah-pindahkan, dari lempengan logam.

1560: Kamera dan foto pertama di dunia diciptakan. Kamera ini biasa disebut 'Camera Obscura', artinya 'pembuat foto yang kabur'.

1650: Suratkabar harian pertama di dunia mulai beredar, di Leipzig, Jerman.

1714: Henry Mill, orang Inggris, menciptakan mesin ketik. Sebetulnya dia bukan orang pertama yang menciptakannya, tetapi dialah yang memperoleh hak paten dan diakui sebagai pencipta mesin ketik modern.

1793: Claude Chappe menciptakan jalur telegraf optik jarak jauh.

1814: Joseph Nicéphore Niépce berhasil mengambil foto yang jelas dan terang.

1821: Mikropon (pengeras suara) pertama di dunia diciptakan, oleh Charles Wheatstone, di Amerika.

1831: Joseph Henry menciptakan jalur telegraf listrik pertama di dunia.

1835: Samuel Morse menciptakan kode-kode Morse untuk pengiriman pesan jarak jauh.

1843: Samuel Morse (lagi) menciptakan jalur telegraf listrik jarak jauh, sementara Alexander Bain menciptakan mesin faksimili pertama di dunia.

1861: Coleman Sellers, orang Amerika, menciptakan alat bernama 'Kinematoskop', yang berfungsi sebagai mesin pemutar slide pertama di dunia (slide adalah istilah bahasa Inggris untuk foto-foto yang dipantulkan ke sebuah layar, secara sambung-menyambung).

1867: Mesin ketik komersial pertama di dunia laris terjual di Amerika, bermerek 'Sholes'.

1876: Thomas Edison menemukan mesin fotokopi pertama di dunia, yang biasa disebut 'mimeograf'. Pada tahun yang sama, Alexander Graham Bell menciptakan telepon pertama di dunia. Sedangkan Melvyl Dewey menciptakan sistem pencatatan katalog buku untuk perpustakaan, yang kemudian digunakan di seluruh dunia, bernama Sistem Desimal Dewey.

1877: Thomas Edison menciptakan 'fonograf', yakni alat rekam suara pertama di dunia. Sedangkan Edward Muybridge menciptakan alat potret berkecepatan tinggi, yang menghasilkan film pertama di dunia.

1887: Emile Berliner menciptakan piringan hitam pertama di dunia, yang dinamakan 'gramafon'.

1888: George Eastman, orang Amerika, menciptakan gulungan film untuk memotret yang pertama, bernama 'Kodak'.

1889: Almon Strowger menciptakan telepon yang bisa langsung diputar nomor-nomornya, tidak lagi harus melalui operator.

1894: Guglielmo Marconi menyempurnakan sistem telegraf.

1898: Mesin penjawab telepon pertama di dunia diciptakan di Amerika.

1899: Valdemar Poulsen menciptakan pita rekam magnetik, dengan demikian juga kaset pertama di dunia. Sementara itu, tahun ini juga pengeras suara (loudspeaker) pertama di dunia diciptakan.

1902: Guglielmo Marconi memamerkan penyiaran sinyal radio pertama menyeberangi Samudera Atlantik.

1904: Buku komik yang diedarkan secara serial, yang pertama di dunia, dijual di pasaran Amerika.

1906: Lee Deforest menemukan trioda atau ampli.

1910: Thomas Edison menciptakan film bersuara pertama di dunia.

1914: Panggilan telepon antarbenua yang pertama di dunia.

1916: Pesawat radio pertama yang memiliki alat pemindah saluran laris terjual di Amerika, bersamaan dengan munculnya beragam stasiun radio swasta pertama di dunia.

1923: Pesawat televisi pertama di dunia diciptakan oleh Vladimir Kosma Zworykin.

1925: Siaran televisi pertama di dunia, dilakukan oleh John Logie Baird di Amerika, namun ini hanya siaran pendek percobaan.

1927: Film bersuara pertama di dunia diputar untuk umum. Judulnya "The Jazz Singer" ("Sang Penyanyi Jazz"), produksi Warner Brothers Studios, di Amerika. Tahun ini juga Inggris menikmati siaran radio secara teratur untuk pertama kalinya.

1930: Siaran televisi untuk umum yang pertama di dunia dilakukan di Amerika. Sejak tahun ini, televisi menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari mereka. Namun siaran televisi pada masa ini hanya bisa dilakukan secara langsung saja. Belum ada alat perekam untuk siaran tunda.

1934: Tape recorder pertama di dunia diciptakan oleh Joseph Begun.

1936: Konrad Zuse menciptakan komputer pertama di dunia, diberi nama Z1.

1938: Alat rekam siaran televisi, untuk siaran tunda, diciptakan.

1939: Stasiun-stasiun televisi di Amerika mulai siaran secara terus-menerus.

1944: Pemakaian komputer mulai dipopulerkan di kalangan terbatas, yakni hanya di lingkungan Pemerintah Amerika. Tahun ini biasanya dianggap sebagai tahun kelahiran 'Era Informasi'.

1948: Transistor ditemukan, sehingga ukuran alat-alat elektronik mulai sekarang menjadi jauh lebih kecil.

1949: Amerika memulai jaringan (network) televisi, yakni sistem di mana sebuah stasiun televisi besar siaran ke seluruh negeri melalui stasiun-stasiun kecil yang menginduk kepadanya. Stasiun induk pertama adalah CBS.

1951: Untuk pertama kalinya di dunia, komputer dijual kepada perorangan dan lembaga di luar pemerintah. Ini terjadi di Amerika.

1958: Chester Carlson menciptakan mesin fotokopi modern pertama di dunia, bermerk 'Xerox'.

1963: Amerika menciptakan sistem Kode Pos.

1966: Pabrik Xerox menciptakan mesin faksimili modern pertama di dunia dan menjualnya untuk umum.

1969: Inilah tahun kelahiran internet. Pelopornya adalah sebuah jaringan antarkomputer yang diberi nama 'ARPANET', di Amerika. Tapi akses sangat terbatas, dan Pemerintah Amerika melarang rakyat biasa menggunakannya.

1971: Disket pertama di dunia diciptakan.

1972: Stasiun televisi HBO di Amerika menciptakan sistem televisi berlangganan (TV kabel).

1976: Komputer untuk perorangan pertama di dunia ('home computer' atau 'personal computer') diciptakan. Namanya 'Apple I'.

1979: Orang-orang Jepang menciptakan jaringan telepon tanpa kabel (selular) pertama di dunia.

1980: Perusahaan alat elektronik Jepang, Sony, menciptakan Walkman pertama di dunia.

1981: Perusahaan komputer Amerika, IBM, menjual komputer untuk perorangan untuk pertama kalinya, dan mempopulerkan istilah 'personal computer' (biasa disingkat menjadi 'PC'). Tahun ini juga, semua komputer mulai dilengkapi dengan pengarah kursor ('mouse'). Dan tahun ini di Amerika penjualan komputer jinjing ('laptop') mulai dilakukan.

1983: Amerika baru memulai jaringan telepon nirkabel (selular/HP).

1985: Cakram berisi data yang bisa dibuka di komputer tapi tak bisa dipakai untuk merekam (CD-ROM) pertama di dunia mulai dijual.

1994: Pemerintah Amerika menghentikan kendalinya atas internet. Mulai sekarang, internet menjadi wilayah yang bebas, dan perusahaan-perusahaan penyedia layanan internet untuk umum, termasuk penyedia email gratis, mulai lahir tahun ini, di antaranya yang terbesar adalah Yahoo!, yang beroperasi di seluruh dunia. Di Indonesia, tahun ini juga warung-warung internet (warnet) pertama mulai bermunculan di Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Yogyakarta.

1999: Penyedia jasa pencarian informasi secara gratis, yang kini terbesar di dunia, Google, mulai beroperasi dari Amerika dan menjangkau semua negara di dunia. Perusahaan telepon Indonesia, Telkom, mulai memasarkan jaringan internet tanpa berlangganan ('dial-up') bernama 'Telkomnet Instan'.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar