Rabu, 01 Mei 2013

Ikon Woodstock meninggal dunia



Richie Havens, penyanyi lagu-lagu rakyat yang dikenal pernah membuka festival rock legendaris Woodstock pada tahun 1969 dilaporkan meninggal pada usia ke-72 karena serangan jantung.
Agen penyanyi tersebut, Roots Agency, mengatakan dia meninggal di kediamannya yang terletak di Jersey City, New Jersey.
Saat diingatkan kembali soal Woodstock, Havens pernah berkata:" Semua yang ada di dalam hidup saya dan banyak lagi ada di dalam kereta itu."Penyanyi yang lahir di Broklyn, New York ini dikenal karena keunikan gitarnya dan caranya bernyanyi.
Lagu gospel berjudul Motherless Child yang dibuat ulang dengan improvisasi Havens dan berubah menjadi lagu Freedom saat dibawakan dalam festival Woodstock telah menjadi semacam lagu kebangsaan generasi hippie tahun 1960-an.
Aksi panggunganya juga diabadikan dalam film konser Woodstock untuk generasi sekarang. Yang terbaru adalah soundtrack film Django Unchained karya Quentin Tarantino menampilkan cuplikan lagu Freedom yang dinyanyikan Havens.
Sebelum meninggal, Havens sempat menjalani operasi ginjal pada tahun 2010 dan sejak itu dia tidak pernah kembali pulih sepenuhnya untuk menjalani kegiatan konsernya.Penghormatan terhadap Havens akan segera digelar, dan salah satu rekan sesama penyanyi, Stephen Stills mengatakan Havens "tidak akan pernah bisa digantikan."
Selama berkarir sebagai musisi dia telah mengeluarkan 25 album dan merekam sejumlah lagu termasuk versi rekam ulang dari lagu Bob Dylan, Just Like a Woman serta lagu Beatles Here Comes The Sun. Pada tahun 1993, Richie Havens tampil dalam pelantikan Presiden AS, Bill Clinton.
Keluarganya mengatakan meraka akan segera mengumumkan acara penghormatan terhadap jasad Havens yang akan dibuka untuk umum dan sementara ini mereka meminta agar publik menghormati momen perkabungan pribadi untuk keluarga.
Roots Agency mengatakan Havens telah dianugerahi dengan suara yang paling mudah dikenal di dunia musik populer.
"Suaranya sangat berapi-api, menyayat dan gaya menyanyi soul-nya sangat unik dan tidak ketinggalan jaman."

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar